Sains

Universitas Esa Unggul Bangun Kampus Internasional Berteknologi Tinggi

Perguruan tinggi Universitas Esa Unggul telah memulai pembangunan Kampus International Esa Unggul seluas 10.000m2 di kawasan elite Gading Serpong. Kampus tersebut mampu menampung sekitar 6000 mahasiswa dan dilengkapi fasilitas berteknologi tinggi. Rektor Universitas Esa Unggul Arief Kusuma Among Praja mengatakan keberadaan Kampus International Esa Unggul di kawasan Serpong diharapkan memberikan alternatif bagi para calon mahasiswa yang ingin merasakan pengalaman berkuliah di luar negeri dengan harga yang terjangkau dan memiliki fasilitas lengkap dan berteknologi tinggi.

Arief menuturkan Kampus International Esa Unggul Gading Serpong ini diharapkan mampu mencetak sumber daya manusia ( SDM) yang berdaya saing global. Menurutnya kunci untuk meningkatkan daya saing Indonesia dalam menghadapi revolusi industri 4.0 adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Tanpa SDM yang baik, bangsa ini akan sulit mengimbangi kemajuan teknologi.

Untuk mempersiapkan SDM yang mampu bersaing secara global, maka dibutuhkan pendidikan yang berkualitas. “Selain itu fasilitas pendidikan yang baik juga menjadi faktor yang penting dalam mempersiapkan SDM yang unggul,” ujar dia. Kampus International Esa Unggul akan didirikan di kawasan Gading Serpong yang berintegrasi dengan kawasan hunian, pusat perbelanjaan dan kawasan pendidikan lainnya.

Dengan investasi sebesar Rp2 triliun, termasuk pembangunan Kampus Internasional Esa Unggul, targetnya proyek mixed use ini akan rampung pada akhir tahun 2021. Senada dengan Arief, Direktur Kampus Internasional Universitas Esa Unggul Fransiskus Adikara mengatakan pihaknya menyambut antusias pembangunan kampus ini. Selain lebih luas dan lengkap, kampus ini merupakan manifestasi nyata dari visi dan misi Universitas Esa Unggul yaitu menjadi world class university .

“Dengan luas hingga 10.000 meter persegi dan fasilitas lengkap yang dilengkapi dengan teknologi tinggi, maka kampus ini akan menjadi pelopor Kampus hi tech bertaraf internasional di Jabodetabek,” kata dia. Frans menuturkan International Program Universitas Esa Unggul telah menyiapkan dua program, yaitu joint degree di mana mahasiswa dapat mengikuti kuliah dua tahun di Universitas Esa Unggul dan dua tahun di Tiongkok dan International Class. Selain itu di kampus yang baru nanti, Kampus International akan menyediakan fasilitas pendidikan untuk Strata 1, Pascasarjana, Program Sertifikasi Profesional dan kelas karyawan.

Frans menyebutkan saat ini pihaknya telah bekerjasama dengan Jiangsu Second Normal University (JSNU), Tiongkok untuk jurusan Communication and Visual Design , Nanjing XiaoZhuang University (NXU), untuk jurusan Informatics Engineering dan North China Electric Power University (NCEPU) untuk jurusan Industrial Engineering . Universitas mitra yaitu Nanjing XiaoZhuang University (NXU) bahkan telah membuka kantor perwakilan di kampus Esa Unggul. “Ini menunjukkan keseriusan kami dalam menyediakan pendidikan yang berkualitas bagi mahasiswa/i Esa Unggul International Program,” jelas Frans.

Selain itu, mahasiswa/i program internasional akan mendapat pembekalan bahasa, seperti kelas Bahasa Mandarin selama empat semester dan English Club. Ketika lulus mahasiswa diharapkan dapat menguasai tiga bahasa dan dapat bersaing di mancanegara. Selain dengan Tiongkok, Kampus Internasional Universitas Esa Unggul juga sedang mempersiapkan kerjasama dengan beberapa universitas dari negara lain.

Berita Terkait

Ini Tata Cara Salat Gerhana Bulan atau Salat Khusuf Gerhana Bulan Penumbra Terjadi 11 Januari

Syiran Uchie

Proses Produksi Bisa Dikendalikan Secara Otomatis Dengan Teknologi Artificial Intelligence

Syiran Uchie

Ada Hujan Meteor hingga Gerhana Matahari Catat Ini 12 Fenomena Langit Indonesia di Bulan Desember

Syiran Uchie

Kapal Riset Baruna Jaya I Dikerahkan buat Pemeliharaan Buoy Ina-TEWS

Syiran Uchie

Benarkah Emas Tidak Berasal dari Bumi? Berikut Hasil Penelitian

Syiran Uchie

Amankah Lokasi Ibu Kota Baru dari Gempa? Ini Penjelasan BMKG soal 3 Sesar di Kalimantan

Syiran Uchie

Jenis Tawon Mematikan hingga Pemakan Bangkai 6 Fakta Tawon Vespa Affinis

Syiran Uchie

Harus Pakai Kacamata Khusus Penjelasan BMKG Terkait Gerhana Matahari Cincin pada 26 Desember 2019

Syiran Uchie

Ini Daerah yang Dilewati Catat! Gerhana Matahari Cincin Sambangi Langit Indonesia 26 Desember

Syiran Uchie

6 Ton Ini 5 Fakta Hiu Paus Beratnya Bisa Capai 20 Viral Video Hiu Paus Minta Tolong menuju Nelayan

Syiran Uchie

Lihat Foto Ini! Inilah Penjelasan Ilmiah Bila Kamu Jijik hingga Bergidik Saat Melihatnya

Syiran Uchie

Waktunya Telur Menetas Ternyata Ini Penyebab Banyaknya Muncul Ular Kobra di Akhir Tahun 2019

Syiran Uchie

Leave a Comment