Internasional

Times Higher Education Rilis Daftar 10 Universitas Terbaik Dunia, Inggris Amerika Masih Mendominasi

Times Higher Education (THE) merilis daftar peringkat universitas terbaik di dunia atau World University Rankings 2020. Dalam urutanperingkat tersebut, sejumlah universitas di Inggris juga sempat mengalami penurunan karena adanya kesenjangan pendanaan antara berbagai sektor dan cakupan sistem pendidikan tinggi yang semakin meluas. Kendati demikian, University of Oxford tetap menduduki peringkat teratas pada 2020 selama empat tahun berturut turut.

Sedangkan, Times Higher Education world rankings menempatkan Cambridge di posisi ketiga, dan Imperial College London di posisi ke sepuluh. Sementara University of Cambridge, Imperial College London, UCL, London School of Economics and Political Science, dan University of Edinburgh menjadi universitas berperingkat tertinggi berikutnya di Inggris. Namun, semuanya mengalami penurunan satu peringkat.

Dalam situs BBC, (11/9/3029),terdapat sinyal universitas universitas di Inggris sedang berjuang untuk mempertahankan peringkat dunia mereka melawan para kompetitor global. Adapun Jerman memberi tanda siap menyalip peringkat Inggris dalam universitas paling top di Eropa. Dilansir oleh Kompas.com, Selasa, (17/9/2019), secara keseluruhan, sebanyak 18 dari 28 perguruan tinggi di Inggris yang berada di peringkat 200 teratas telah menurun posisinya sejak tahun lalu.

Adapun Jepang memperkuat dominasinya terhadap Inggris dalam hal keterwakilan. Hal itu ditunjukkan dari yang tadinya hanya 5 kini menjadi 10 universitas. Jumlah itu menunjukkan pengambilalihan dominasi Inggris sebagai negara yang paling terwakili di dunia.

Secara keseluruhan, saat ini Inggris memiliki 100 universitas yang masuk dalam peringkat dunia, sedangkan Jepang mempunyai 110 universitas. <span></span>Universitas universitas di Amerika Serikat kembali melanjutkan dominasi pemeringkatan dunia. Kampus US tercatat memiliki 7 dari 10 universitas terbaik.

Selanjutnya 60 dari 200 universitas terbaik. Jerman menjadi salah satu negara yang kenaikan peringat universitasnya mengalami kenaikan tinggi. Salah satu universitas di Jerman yang mengalami lompatan tinggi adalah The Technical University of Munich.

Sementara itu, universitas universitas di Asia tetap didominasi oleh negara Cina dan Jepang. Universitas di kedua negara tersebut kembali menunjukkan performa besarnya dalam pemeringkatan. Sedangkan, universitas di negara Iran adalah universitas dengan lompatan terbesar pada tahun ini.

1. University of Oxford, Inggris (tahun lalu peringkat 1) 2. California Institute of Technology, Amerika Serikat (tahun lalu peringkat 5) 3. University of Cambridge, Inggris (tahun lalu peringkat 2)

4. Stanford University, Amerika Serikat (tahun lalu peringkat 3) 5. Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat (tahun lalu peringkat 4) 6. Princeton University, Amerika Serikat (tahun lalu peringkat 7)

7. Harvard University, Amerika Serikat (tahun lalu peringkat 6) 8. Yale University, Amerika Serikat (tahun lalu peringkat 8) 9. Universiy of Chicago, Amerika Serikat (tahun lalu peringkat 10)

10. Imperial College London, Inggris (tahun lalu peringkat 9) Daftar penuh total 1300 universitas dari 92 negara, mendata urutan ranking dengan menunjukkan angka kualitas pengajaran, ukuran dan reputasi riset, predikat riset, pemasukan industri dan jaringan internasional. Sebuah analisa terkait peringatan mengatakan bahwa universitas negara negara di Eropa yang disebut dengan "segitiga emas" yaitu Oxford, Cambridge, dan London kembali menunjukkan kesuksesan.

Sejak 2016, jumlah universitas di negara Eropa dalam 200 peringkat, jatuh dari yang semula 34 menjadi 28 universitas. Sementara jumlah universitas di Jerman mengalami kenaikan menjadi 23 universitas dalam 200 peringkat.

Berita Terkait

Tak Terima Ditilang, Tukang Listrik Ini Padamkan Listrik ke Kantor Polisi, Alasannya Nunggak

Syiran Uchie

Chris Pratt Berulangtahun Ke 40, Katherine Schwarzenegger Berikan Hadiah Berupa 2 Anak Babi

Syiran Uchie

2.724 Warga Indonesia Jadi Penduduk Ilegal di Jepang

Syiran Uchie

Kim Jong Un Pantau Latihan Militer Ditemani Petugas yang Kenakan Masker Tersenyum Lebar

Syiran Uchie

Berhenti Menjadi Penyiar, Kakak Chanyeol EXO, Park Yoo Ra Unggah Foto Terbarunya

Syiran Uchie

Uni Eropa Mengecam AS Nyatakan Pemukiman Israel di West Bank Tidak Langgar Hukum Internasional

Syiran Uchie

Jumlah Korban Terkini Mencapai 1.110 Orang di China Kenali Ciri-ciri Virus Corona

Syiran Uchie

Setelah Pensiun, Aktor Wesley Snipes Berencana Jadi Penari Latar BTS

Syiran Uchie

Anaknya Gagal di Pemilihan Ketua Kelas, Ibu Ini Lapor ke Kementerian Pendidikan

Syiran Uchie

Ratu Elizabeth II Mengoleksi Perangko Jokowi Mengendarai Motor Hobi Unik Deretan Kepala Negara

Syiran Uchie

Dia Menjebak Sepanjang Malam Saya Terpaksa Memukulnya Kesaksian Korban Reynhard Sinaga

Syiran Uchie

85 Miliar Yen Penjualan di Pasar Ikan Iwate Jepang Mencapai 4 Selama 9 Bulan

Syiran Uchie

Leave a Comment