Bisnis

PDB Industri Manufaktur Indonesia Terbesar di ASEAN, KRAH Optimistis Perluas Pasar

Industri manufaktur Indonesia mencatat pertumbuhan luar biasa. Hal ini tampak pada data Trading Economics kuartal III tahun 2018. Produk Domestik Bruto (PDB) sektor manufaktur Indonesia menjadi yang terbesar di kawasan ASEAN dengan nilai sebesar 39,7 miliar dolar AS.

Kementerian Perindustrian juga mencatat sektor industri pengolahan nonmigas periode 2015 2018 mengalami kinerja positif dengan rata rata pertumbuhan sebesar 4,87 persen. Sektor ini masih sebagai sektor yang berkontribusi paling besar terhadap PDB nasional, dengan setoran hingga 17,66 persen pada 2018. Dengan konsistensi kontribusi yang tertinggi tersebut, pemerintah berkomitmen lebih memacu pengembangan industri manufaktur melalui pelaksanaan peta jalan Making Indonesia 4.0.

Aspirasi besar dari roadmap itu telah menjadikan Indonesia masuk jajaran 10 negara yang memiliki perekonomian terkuat di dunia pada tahun 2030. Direktur Keuangan PT. Grand Kartech Tbk Johanes Budi K mengatakan, “Kami mendukung pemanfaataan teknologi informasi dan komunikasi dalam setiap lini proses di perusahaan sehingga memberikan nilai lebih kepada perusahaan." "Di antaranya dari segi kecepatan untuk adaptasi desain suatu produk mengikuti permintaan pasar, maupun peningkatan kualitas dan efisiensi produksi. Ini memberikan semangat bagi kami para perusahaan manufaktur untuk memperbesar pasar ke depannya.” sambungnya.

Grand Kartech merupakan salah satu manufaktur lokal untuk mesin mesin untuk kebutuhan industri seperti boiler, pressure vessel, tangki, mesin mesin customized/make to order, dan lain lain. Johanes menambahkan, “Sebagai tahap awal perluasan pasar, perseroan awal tahun ini telah berhasil melakukan ekspor ke negara tetangga, di samping menyelesaikan proyek proyek di dalam negeri seperti, tangki, heat recovery steam generator, conveyor, dan lain lainnya.”

Berita Terkait

Kementerian PUPR Dukung Program Kantong Plastik Berbayar, Ini Alasannya

Syiran Uchie

Hari Ini PT KAI Gratiskan Kereta Api Lokal, Berikut Daftar 42 Kereta dan Rutenya!

Syiran Uchie

Ditjen Hubud Gelar Ramp Check ke 407 Penerbangan Haji

Syiran Uchie

Tak Ada Toleransi, Menko Maritim Lawan Diskriminasi Sawit Uni Eropa

Syiran Uchie

Lindungi Marketplace yang Pasarkan Produk UMKM Dalam Negeri

Syiran Uchie

Skema Setoran Modal LinkAja Terdiri dari Tiga Tahap, Ini Rinciannya

Syiran Uchie

Siang Ini Yuan Melemah 0,07% Terhadap Dolar AS ke Level 7.0389

Syiran Uchie

Sarapan Gratis di McD Khusus Hari Ini, Ada 1.000 Chicken Muffin Gratis Mulai Jam 06.30

Syiran Uchie

Ternyata Ini Alasan Citilink Hentikan Sementara 3 Rute Penerbangan di Bandara Kertajati

Syiran Uchie

MUI Tegaskan Seluruh Produk Wajib Berlisensi Halal di Tahun Ini

Syiran Uchie

BGR Logistics Jalin Kerjasama Strategis dengan PTP

Syiran Uchie

Tiga Program penting Angkasa Pura II buat ”Go Global”

Syiran Uchie

Leave a Comment