Bisnis

PDB Industri Manufaktur Indonesia Terbesar di ASEAN, KRAH Optimistis Perluas Pasar

Industri manufaktur Indonesia mencatat pertumbuhan luar biasa. Hal ini tampak pada data Trading Economics kuartal III tahun 2018. Produk Domestik Bruto (PDB) sektor manufaktur Indonesia menjadi yang terbesar di kawasan ASEAN dengan nilai sebesar 39,7 miliar dolar AS.

Kementerian Perindustrian juga mencatat sektor industri pengolahan nonmigas periode 2015 2018 mengalami kinerja positif dengan rata rata pertumbuhan sebesar 4,87 persen. Sektor ini masih sebagai sektor yang berkontribusi paling besar terhadap PDB nasional, dengan setoran hingga 17,66 persen pada 2018. Dengan konsistensi kontribusi yang tertinggi tersebut, pemerintah berkomitmen lebih memacu pengembangan industri manufaktur melalui pelaksanaan peta jalan Making Indonesia 4.0.

Aspirasi besar dari roadmap itu telah menjadikan Indonesia masuk jajaran 10 negara yang memiliki perekonomian terkuat di dunia pada tahun 2030. Direktur Keuangan PT. Grand Kartech Tbk Johanes Budi K mengatakan, “Kami mendukung pemanfaataan teknologi informasi dan komunikasi dalam setiap lini proses di perusahaan sehingga memberikan nilai lebih kepada perusahaan." "Di antaranya dari segi kecepatan untuk adaptasi desain suatu produk mengikuti permintaan pasar, maupun peningkatan kualitas dan efisiensi produksi. Ini memberikan semangat bagi kami para perusahaan manufaktur untuk memperbesar pasar ke depannya.” sambungnya.

Grand Kartech merupakan salah satu manufaktur lokal untuk mesin mesin untuk kebutuhan industri seperti boiler, pressure vessel, tangki, mesin mesin customized/make to order, dan lain lain. Johanes menambahkan, “Sebagai tahap awal perluasan pasar, perseroan awal tahun ini telah berhasil melakukan ekspor ke negara tetangga, di samping menyelesaikan proyek proyek di dalam negeri seperti, tangki, heat recovery steam generator, conveyor, dan lain lainnya.”

Berita Terkait

Tapi Alasan Ini yang Membuatnya Seakan Tak Sanggup Milenial Sebenarnya Mampu Beli Rumah

Syiran Uchie

Gapero Surabaya Dukung Sikap Kemenperin Tolak Ide Merevisi PP 109/2012

Syiran Uchie

Kemenhub Minta Anies Hentikan Sementara Pengoperasian Grabwheels

Syiran Uchie

Menteri BUMN Dapat Pesanan Dua Juta Masker dari China Dampak Corona

Syiran Uchie

Cek Harga Promo PT KA Pariwisata Luncurkan Kelas ‘Priority’ buat Relasi Jakarta-Yogyakarta

Syiran Uchie

Lindungi Marketplace yang Pasarkan Produk UMKM Dalam Negeri

Syiran Uchie

AP II Harapkan Sinergi & SDM Unggul buat Kebutuhan Industri Kerja Sama dengan UNJ

Syiran Uchie

Skema Setoran Modal LinkAja Terdiri dari Tiga Tahap, Ini Rinciannya

Syiran Uchie

Syahrul Yasin Limpo Langsung Peluk Amran Sulaiman di Acara Sertijab Menteri Pertanian

Syiran Uchie

Hindari Oligopoli Industri Tembakau, Masyarakat Tembakau Minta Menkeu Tolak Simplikasi Cukai

Syiran Uchie

Arcandra Tahar Disebut-sebut Calon Petinggi di PGN

Syiran Uchie

Airlangga Bilang Itu Keputusan Pembeli Impor Cangkul Bikin Presiden Jokowi Heran

Syiran Uchie

Leave a Comment