Travel

Panduan Wisata Candi Borobudur, Simak Dulu Sebelum Liburan ke Sana

Berikut panduan lengkap liburan ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur merupakan tempat wisata menarik yang berlokasi di Jalan Badrawati, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi yang berbentuk seperti piramida berundak ini menjadi tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Untuk bisa ke Candi Borobudur, ada beberapa transportasi yang bisa kamu gunakan. Jika kamu berasal dari luar kota dan ingin naik pesawat bisa memilih penerbangan dengan rute kota asalmu Bandara Adisutjito. Dari Bandara Adisutjipto kamu bisa naik shuttle bus untuk menuju Candi Borobudur.

Kamu akan turun langsung di depan pintu masuk Candi Borobudur tanpa harus naik kendaraan lagi. Apabila kamu datang ke Candi Borobudur dengan naik kereta api bisa turun di Stasiun Tugu, Yogyakarta. Kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan naik shuttle bus yang langsung berhenti di depan pintu masuk Candi Borobudur.

Jika ingi datang ke Candi Borobudur naik bus, pilihlah rute bus yang berhenti di Terminal Giwangan. Kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan naik bus dan turun di Terminal Borobudur. Kamu bisa berjalan kaki dari Terminal Borobudur menuju Candi Borobudur dengan jarak sekitar 1,4 kilometer.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Candi Borobudur naik kendaraan pribadi dianjurkan untuk datang pagi hari. Hal ini harus dilakukan untuk menghindari adanya macet di jalan raya. Untuk wisatawan yang berdomisili jauh dari Candi Borobudur bisa menginap di beberapa hotel dekat Candi Borobudur.

Ada beberapa penginapan murah yang menyediakan fasilitas lengkap. Kamu bisa mencari penginapan yang mematok harga inap di bawah Rp 100 ribu agar lebih hemat. Satu di antaranya adalah Homestay Anugrah Borobudur yang menawakan tarif menginap mulai dari Rp 99 ribu per malam.

Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, termasuk restoran hingga akses internet gratis. Liburan ke Candi Borobudur kurang lengkap jika belum berburu kuliner di area sekitar. Ada makanan lezat dengan harga murah yang bisa kamu coba.

Sop Senerek Iga Sapi Banar merupakan rumah makan yang sering dikunjungi wisatawan saat berlibur ke Candi Borobudur. Tidak hanya sop saja, warung ini juga menjual aneka menu nasi dengan daging, telur, hingga ayam goreng kampung. Soal harga tidak perlu khawatir, seporsi menu di warung makan Sop Senerek Iga Sapi Banar mulai dari Rp 10 ribuan.

Jika ingin mengunjungi Dapoer Gending kamu cukup berjalan kaki selama enam menit saja dari Candi Borobudur. Ada beragam menu lezat yang disuguhkan, mulai dari ayam penyet, lele, hingga aneka sayuran. Saung Makan Bu Empat sangat sering dikunjungi wisatawan karena masakannya yang sangat enak dan sambalnya yang sangat pedas.

Banyak menu yang disediakan, mulai dari aneka olahan seafood, ayam, hingga tempe. Yang menjadi andalan di Saung Makan Bu Empat adalah udang galah dan ikan gurame. Harga menu makan di Saung Makan Bu Empat dibanderol mulai dari Rp 20 ribuan per porsi.

Jika sedang berada di Candi Borobudur kurang lengkap jika belum mempelajari sejarah pembangunan candi. Candi Borobudur diperkirakan mulai dibangun pada abad ke 9 yang dulu sedang dikuasai oleh Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra. Luasnya yang mencapai ratusan meter persegi tersebut diperkirakan berhasil dibangun dalam kurun waktu 50 70 tahun tanpa bantuan teknologi modern.

Candi Borobudur yang memiliki arti ‘Vihara Buddha Uhr’ ini menjadi tempat wisata bersejarah di Indonesia. Tinggi Candi Borobudur berada di kisaran 35 42 meter dari permukaan tanah. Tiket masuk ke Candi Borobudur mulai dari Rp 30 ribu per orang dewasa.

Sedangkan tiket masuk untuk anak anak dibanderol mulai dari Rp 13 ribu per orang. Jam operasional Candi Borobudur mulai pukul 06.00 17.00 WIB. Dianjurkan untuk berkunjung ke Candi Borobudur saat pagi dan sore hari untuk menghindari panas yang terik.

Kamu juga bisa menyaksikan sunset di atas candi saat menjelang malam.

Berita Terkait

Ditangkap Polisi Saat Pesawatnya Mendarat, Pramugari yang Diduga Mabuk Ini Akhirnya Dipecat

Syiran Uchie

Kenapa Penumpang Pesawat Dilarang Tukar Tempat Duduk Sembarangan?

Syiran Uchie

15 Tempat Wisata yang Rusak dan Ditutup Setelah Viral di Instagram

Syiran Uchie

5 Restoran Mewah di Jakarta Milik Reino Barack, Ada yang Sajikan Makanan Italia hingga Jepang

Syiran Uchie

Bahaya Naikkan Kaki ke Atas Dasbor Mobil yang Sedang Melaju, Bisa Mengancam Nyawa

Syiran Uchie

7 Kampung Ini Bisa Kamu Kunjungi Ingin Belanja Dan Belajar Batik

Syiran Uchie

Pertengahan April, Malindo Air Buka Rute Baru ke Adelaide via Denpasar

Syiran Uchie

7 Kuliner Murah dan Enak di Pasar Gede Solo yang Harus Kamu Coba, Ada Nasi Liwet hingga Lenjongan

Syiran Uchie

Hati Hati Berbicara Dengan 4 Zodiak Ini, Jangan Terlalu Percaya Pada Mereka

Syiran Uchie

10 Hotel Murah di Yogyakarta, Tarif Menginap Mulai Rp 64 Ribu per Malam

Syiran Uchie

Deretan Kasus Kematian Pendaki di Gunung Everest Awal Tahun 2019

Syiran Uchie

Sama Seperti Indonesia, 5 Negara Ini Juga Rayakan Lebaran pada 5 Juni

Syiran Uchie

Leave a Comment