Techno

Lenovo V130-14, Laptop Harga Terjangkau Berkinerja Mumpuni untuk Para Pebisnis

Diam diam sejak sekitar sebulan lalu, Lenovo Indonesia mulai memasarkan laptop entry level seri Lenovo V130 14 yang berkinerja mumpuni dan didesain khusus untuk pebisnis, termasuk para pemilik usaha kecil dan menengah yang membutuhkan peranti komputasi untuk mendukung kinerja usaha. "Lenovo merilis seri laptop ini untuk segmen pebisnis. Line up produk komersial Lenovo selama ini cukup luas, dengan seri laptop ini Lenovo mencoba menawarkan laptop untuk kebutuhan bisnis dengan harga terjangkau," ujar Inti Harsono. "Saat ini banyak startup dan UKM yang gunakan produk laptop non komersial yang sebenarnya dari aspek security cukup riskan. Karena itu kita hadirkan laptop ini untuk berikan jawaban atas kebutuhan security," imbuhnya.

Dia menjelaskan,Lenovo V130 14memiliki desain yang sleek dengan engsel yang bisa membuatnya diputar hingga 180 derajat dengan layarHD Screen dan 12 GB DDR4 memory, dan dilengkapi dengan shutter camera. Lenovo V130 14 ditenagai prosesor Intel Core 3867 dan Intel Core N4000. Pada versi prosesor Intel Core N4000, disediakan 2 slot drive yang membuat pengguna bisa menambahkan hard drive tambahan, bersama SSD yang berkapasitas 256GB. Sistem audionya sudah berteknologi Dolby Stereo dengan dukungan baterai yang bisa standby sampai 6 jam dalam kondisi penuh. Harsono menjelaskan, berbeda dari seri laptop biasa untuk penggunaan harian atau gaming, laptop untuk pebisnis atau usahawan harus dilindungi dengan sistem security yang membuatnya tidak mudah dibobol oleh orang yang tidak berhak.

Misalnya, untuk aspek keamanan passsword yang disimpan penggunanya pada laptop ini. Juga keamanan fitur kameranya yang bisa mencegah dari penggunaan oleh pihak ketiga. Untuk aspek security, seriLenovo V130 14menggunakanTPM 2.0 (firmware),Kensington Minisaver, lock slot, serta kamera yang dilengkapi dengan shutter untuk privasi maksimal, dan fitur autentifikasi Windows Hello. "Kamera di laptop sering riskan disalahgunakan karena orang sering nge hack, misalnya saat kita berada di tempat umum, misal saat kita melakukan telekonferensi," ujar Harsono.

Sementara, teknologi TPM 2.0 (firmware) di laptop ini akan membantu melindungi data data penting kita seperti password yang kita simpan di laptop. "Ada modul tambahan untuk melindungi pin code. Ini penting banget untuk lindungi data data pekerjaan yang disimpan di laptop," terang Harsono. Hasil pengetesan internal oleh Lenovo, meski merupakan seri laptop untuk pebisnis, Lenovo V130 14masih oke untuk memainkan game tertentu.

Hal demikian, membuatnya asyik untuk menghilangkan suntuk atau jenuh di sela kesibukan kerja yang padat. Beberapa game yang bisa dimainkan di seri laptop ini dengan kinerja cukup oke antara lain, Tomb Rider 3 (2013), aplikasi game Grid Autosport dan di game Call of Duty: Modern Warfare 3. Untuk memainkan musik juga cukup mumpuni. Kualitas audionya dengan dukungan Dolby Sterero membuat suara yang dihasilkan menjadi lebih jernih.

Penerimaan suara musik dari volume speaker masih cukup baik diterima audiens saat dites memutar musik video dari YouTube di ruangan tertutup berukuran sekitar 4×8 meter. Inti Harsono menjelaskan, seri laptop ini ditawarkan dengan harga cukup terjangkau, tergantung pada spesifikasinya dengan harga mulai dari Rp 3,6 jutaan sampai yang tertinggi di harga Rp 4,199 juta. Pihaknya memberikan garansi 1 tahun pemakaian dan hanya tersedia di pasar dengan 1 pilihan warna body, yakni grey.

Menariknya, untuk memenuhi kebutuhan segmen komersial yang sifatnya lebih spesifik, Lenovo Indonesia menyediakan versi kustomisasi dari laptop ini, terutama untuk fitur fitur opsional. Syaratnya, pembelian minimal 50 unit. Lenovo Indonesia memasarkan Lenovo V130 14melalui platform e commerce dan retailer jaringan distributor resminya di toko offline. "Sejauh ini penerimaan pasar cukup lumayan," ungkap Harsono.

Berita Terkait

Giatkan Produk Berbahan Dasar Ketela, BPPT Resmikan ‘Pojok Inovasi Cassava Castle’

Syiran Uchie

Facebook dan YouTube Bertindak Cepat Hapus Postingan Pelaku Penembakan di Selandia Baru

Syiran Uchie

Penjahat Dunia Maya Gunakan Metode Alternatif, seperti Formjacking untuk Hasilkan Uang

Syiran Uchie

Daftar Harga HP Terbaru Bulan Agustus 2019 : Xiaomi hingga Samsung

Syiran Uchie

Kemenag Gandeng XL Gelar Program Madrasah Aliyah 4.0

Syiran Uchie

Pro Kontra Game PUBG, Ini Respons Menteri Rudiantara

Syiran Uchie

Rajin Bersihkan iPhone Agar Tidak Jadi Sarang Kuman

Syiran Uchie

Nokia 2.2 Resmi Dirilis HMD Global, Ini Harga, Spesifikasi, dan Penampakannya

Syiran Uchie

Cara Menentukan Angle Foto Makanan Menggunakan Kamera Polaroid

Syiran Uchie

6 Bulan Lagi Handphone Black Market Resmi di Blokir dari Indonesia karena Merugikan Negara

Syiran Uchie

Maaf, Aplikasi Ojek Online Ini Hanya Terima Order dari Perempuan

Syiran Uchie

Inilah Harga dan Spesifikasi Asus ZenFone 6, Ponsel Berkamera Flip Pertama

Syiran Uchie

Leave a Comment