Metropolitan

Kronologi Penikaman Pria di Ancol, Bermula Dari Pesta Ulang Tahun Hingga Picu Ketersinggungan

Pria diringkus aparat Polres Metro Jakarta Utara terkait kasus penikaman yang terjadi Minggu (30/6/2019) hingga korbannya meninggal dunia. Dua orang yang ditangkap masing masing atas nama Jadri (27) dan Alfredo alias Aped (30). Kedua pelaku menikam Hilarius (31) setelah terlibat perselisihan dengan korban.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan, pelaku dan korban saling kenal. Mereka berada di Beach Pool, Ancol Taman Impian, Pademangan, Jakarta Utara. “Pada saat itu mengadakan pesta yang merayakan ulang tahun. Setelah pesta selesai, korban dan beberapa temannya masih berada di situ. Mereka minum minum di pinggir pantai sampai korban mabuk,” ungkapnya, Jumat (5/7/2019).

Tidak lama berselang, kedua pelaku datang belakangan ke lokasi. Saat itulah, korban yang dalam keadaan mabuk berat, mulai ngoceh tidak jelas. Sehingga, para pelaku menjadi kesal.

“Ada ucapan ucapan yang sifatnya menantang, yang sebenarnya tidak ditujukan kepada para pelaku," katanya. Tetapi, dua orang yang datang paling akhir justru tersinggung dengan ucapan korban. "Namun, karena para pelaku ini datangnya paling terakhir, sehingga mereka justru malah tersinggung,” jelas Kapolres.

Aped yang kesal dengan perilaku korban, lalu menanyakan kepada Jadri apakah membawa pisau atau tidak. Pertanyaan tersebut pun dijawab Jadri dengan mengeluarkan pisau dan langsung menusuk korban. “Pelaku Aped menanyakan kepada pelaku lain ‘kamu punya pena enggak’. "Maksud pena itu pisau. ‘Kalau bawa coret saja’. Maksudnya coret itu langsung tusuk saja,” beber Budhi.

Tanpa ampun, Jadri menusuk korban hingga sembilan kali di bagian tangan, perut, bahu, dan lain lain. Akibatnya, Hilarius terkapar bersimbah darah di lokasi. “Karena mendapat perintah dari Aped, pelaku langsung mengeluarkan pisaunya dan ditusukkan beberapa kali kepada korban. Sampai korban mengalami sembilan luka tusuk,” papar Budhi.

Tersangka sempat menolong korban dengan membawanya ke pinggir jalan. Namun, karena korban badannya besar dan terlalu berat, akhirnya ditinggal di pinggir jalan di dekat paving block. Lalu, para pelaku langsung melarikan diri.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan, para pelaku ditangkap pada Selasa (2/6/2019) lalu. Satu pelaku diciduk saat berada di tempat pelarian di Yogyakarta. “Pada saat di Jogja kita berhasil melakukan penangkapan terhadap tersangka,” ungkap Budhi, Jumat (5/7/2019).

Budhi mengatakan, tidak lama setelah menusuk korban, pelaku Jadri kabur setelah mendapat perintah dari pelaku Aped. Ia kabur ke Bandung, Jawa Barat untuk bertemu seseorang, lalu pindah lagi ke Yogyakarta. “Tersangka setelah melakukan tindak pidananya diperintahkan untuk kabur. Yang memerintahkan ini orang yang ternyata menyuruh lakukan, dalam hal ini sebagai aktor intelektualnya,” terangnya.

Saat penangkapan di Yogyakarta, petugas mendapatkan barang bukti pisau yang digunakan tersangka untuk melakukan tindak pidana. Sedangkan pelaku Aped ditangkap di Jakarta Utara. Selanjutnya, para pelaku dan barang bukti selain pisau seperti pakaian, jam tangan bernoda darah, batu hebel bernoda darah, handphone, dan lain lain, dibawa ke Mapolres Jakarta Utara.

Para pelaku dijerat Pasal 338 KUHPidana atau Pasal 351 ayat 3 KUHPidana jo Pasal 55 ayat 1 KUHPidana dan Pasal 221 ayat 1 KUHPidana, dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

Berita Terkait

Sehari Dapat Rp 20 Ribu Semangat Sriyono Jualan Es Tung-tung Keliling Kramat Jati Demi Sekolah Anak

Syiran Uchie

Reaksi Prabowo-Sandi Jadi Sorotan saat Bambang Soesatyo Bacakan Pantun di Pelantikan Jokowi & Maruf

Syiran Uchie

Rocky Gerung Melunak saat Bicara Cinta Sampai Disebut Agak Dungu Soal Perempuan Kritis di Politik

Syiran Uchie

Malam Ini, Endank Soekamti dan Tipe X akan Beraksi di Panggung Terapung Ancol

Syiran Uchie

Ustaz Yusuf Mansyur Ajak Warga Bogor Bersedekah & Memuliakan Anak Yatim

Syiran Uchie

Bau Menyengat Dan Sebabkan Gatal Gatal Berubah Warna Warni Air Produksi Palyja Tak Lagi Jernih

Syiran Uchie

Pergub Skuter Listrik Rampung pada Desember Kadishub DKI

Syiran Uchie

Mucikari Masukkan Pil Perawan menuju Alat Vital Perempuan Kelabui Pria Hidung Belang

Syiran Uchie

Penembakan Terjadi Saat Bripka Rahmat Selesai Mengamankan Pelaku Tawuran

Syiran Uchie

Erick Thohir Berterimakasih Kepada Insan Media yang Telah Mendukung Suksesnya Konser Putih Bersatu

Syiran Uchie

Gagal Lolos Ujian SIM, Biaya yang Disetor Bisa Ditarik Lagi? Ini Kata Polisi

Syiran Uchie

5 juta dari Hasil Mengemis di Ibukota Pria Tua yang Punya Uang Rp 194 Pengakuan Mukhlis

Syiran Uchie

Leave a Comment