Lifestyle

Efek Echo Chamber di Balik Viralnya Cerita KKN Desa Penari di Medsos? Ini Penjelasan Psikolog

Ceritahoror di jagad maya ataumedia sosial menjadi perbincangan belakangan ini. Cerita horor tersebut berjudul KKN Desa Penari. Bahkan, tanda pagar atau hashtag #kkndesapenari sempat bercokol lama di posisi teratas trending topic di Twitter region Indonesiahingga hari ini, Sabtu (31/8/2019).

Melansir Kompas.com, kisah itu pertama kali diunggah oleh akun anonim @SimpleM81378523 melalui media sosial Twitter pada 24 Juni 2019. Namun, baru ramai diperbincangkan saat ini. Bahkan, kemudian muncul beberapa versi cerita lain dari sudut cerita yang berbeda. Dari kisah yang [email protected], disebutkan bahwa cerita ini didapatkannya dari teman ibunya.

Singkatnya, cerita KKN di Desa Penari merupakan kisah sekelompok mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah wilayah pada tahun 2009. Saat KKN ini, para mahasiswa itu mengalami serangkaian kejadian misterius dan horor saat berada di desa tempat mereka melakukan KKN. Respons warganet Berdasarkan pantauan Kompas.com, Sabtu (31/8/2019), banyak komentar muncul dari warganet menanggapi cerita itu.

Berikut komentarnya: "Kalo menurutku sih yah.. kalau orang punya iman.. punya Tuhan.. mau iblis sehebat apapun.. sekuat apapun.. seluarbiasa apapun.. bahkan sampe Raja dari segala Raja iblis pun gabakal bisa sampe nyentuh kita.." "Kelar juga bacanya, kadang kalau nemu perisiwa begini ilmu agama gw jadi ngambang, yg antara mati itu di tentukan Allah dan juga para setan yg punya power kuat kepada manusia yg di kehendakinya".

Lokasi kejadian yang hanya disebutkan dengan nama "Desa Penari" membuat warganet penasaran dengan lokasi itu. Ada yang menebak lokasi sebenarnya yang menjadi setting cerita KKN di Desa Penari, salah satunya ada yang menduga cerita ini di sebuah desa di Banyuwangi, Jawa Timur. Tak sedikit pula yang menganggapnya kisah rekaan sehingga meragukan bahwa peristiwa yang dikisahkan benar benar terjadi.

Tak hanya itu, banyak juga warganet yang menanggapi cerita horor itu secara santai dengan menyelipkan video video lucu di kolom komentarnya. Memotret KKN di Desa Penari Viral cerita horor yang ada di media sosial bukan pertama kali ini saja. Beberapa cerita horor sebelumnya juga pernah jadi perbincangan di media sosial.

Cerita KKN di Desa Penari ini menunjukkan bahwa banyak yang menyukai kisah horor, meski belum bisa dipastikan kebenaran kisah itu. Bagi Guru Besar Psikologi Universitas Gadjah Mada, Prof Koentjoro, viralnya kisah horor ini di media sosial menunjukkan bahwa platform media sosial menimbulkan efek echo chamber. Apa ituecho chamber?

Ia menyebutkan, adanya pengulanganhal yang sama sehingga semakin populer. "Akibatnya, apabila ada echo chamber, berarti ada saling penguatan antara kelompok yang percaya. Akhirnya yang tidak terjadi menjadi terjadi (ada)," kata Koentjoro, saat dihubungiKompas.com. Ia menilai, kisah horor yang ramai di media sosial adalah permainan fiksi atau permainan kognitif (dua penafsiran berbeda).

Hal ini menyebabkan kisah horor mudah diterima oleh masyarakat Indonesia yang menyukai rasa penasaran dan rasa takut. Meski demikian, Koentjoro menganggap rasa penasaran itu sebagai sesuatu yang wajar dalam ilmu psikologi. "Barangkali ada displacement atau pengalihan obyek, dengan sesuatu yang tidak biasa. Sementara yang di vlog kan suatu yang biasa," ujar Koentjoro.

Sementara itu, psikolog asal Solo, Jawa Tengah, Hening Widyastuti, mengatakan, kisah horor ini selalu menarik perhatian karena adanya rasa sensasional yang didapatkan oleh seseorang ketika menonton atau membaca film horor. Menurut dia, penggemar horor kebanyakan adalah orang yang menyukai tantangan dan berjiwa tidak monoton. Selain itu, membaca cerita horor juga bisa membuat emosi seseorang dan rasa takutnya menjadi satu.

Cerita horor, menurut Hening, bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi stres dan menetralisir keruwetan masalah kehidupan. Jika masih dalam batas wajar, menurut dia, tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Berita Terkait

Ramalan Zodiak Besok Minggu 3 Maret 2019, Gemini Dapat Pujian atas Kecerdasannya, Cancer Sentimental

Syiran Uchie

Ramalan Cinta 12 Zodiak Hari Ini Minggu 3 Maret 2019 Leo Memesona, Virgo Alami Pasang Surut Hubungan

Syiran Uchie

Ramalan Zodiak Senin 16 September 2019 Gemini Cari Penghasilan Tambahan, Aries Gelisah

Syiran Uchie

Ramalan Zodiak Sabtu 22 Juni 2019, Scorpio Jengkel, Aries dan Capricorn Senang

Syiran Uchie

Kebutuhan Payung Promosi Meningkat, Jope Umbrella Jangkau Pasar Global

Syiran Uchie

Zodiak Hari Ini: 5 Zodiak yang Paling Penuh Perasaan Ketika Menyayangi Orang

Syiran Uchie

Tes Kepribadian Hari ini – Gambar Bibir atau Daun? Jawabanmu akan Ungkap Tipe Kepribadianmu!

Syiran Uchie

Partisipasi Nestudio dalam Satu Dekade Casa Indonesia Melalui White Gold Collection

Syiran Uchie

Zodiak Besok, Ramalan Bintang Senin 26 Agustus 2019 Taurus Boros, Virgo Inovatif, Capricorn Sibuk

Syiran Uchie

Zodiak yang Selalu Bersikap Tenang Meski Sedang Tertekan, Libra Urutan Pertama, Siapa Lainnya?

Syiran Uchie

5 Zodiak Paling Cinta Damai dan Benci Pertikaian, Apakah Kamu Termasuk?

Syiran Uchie

ZODIAK KESEHATAN Ramalan Zodiak Kesehatan Kamis 22 Agustus 2019: Cancer Olahraga, Sagitarius Lemas

Syiran Uchie

Leave a Comment