Techno

Cek 4 Perbedaan Ponsel Bm Dan Resmi Sebelum Pemerintah Blokir Ponsel Ilegal Lewat Imei Amati Kemasan

Ponsel ilegal siap diblokir oleh pemerintah lewat IMEI, ini 4 perbedaan ponsel BM (Black Market) dan resmi. Ponsel ilegal atau BM (Black Market) dan ponsel impor memang menjadi pilihan beberapa warga Indonesia karena harganya yang cukup berbeda. Bahkan ponsel ponsel bekas dari luar negeri terkadang memiliki harga yang lebih miring dari ponsel asli resmi.

Namun tidak memungkiri karena ponsel ponsel rilisan di Indonesia sendiri masih belum semutakhir pasar Global. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menegaskan bakal memblokir peredaran ponsel ilegal alias smartphone black market ( BM) tersebut di Indonesia melalui nomor IMEI. Kementerian Perindustrian ( Kemenperin) bersama dua kementerian lainnya yakni Kemenkominfo dan Kemendag akan melakukan pemblokiran terhadap ponsel ilegal di Indonesia.

Regulasi terkait pemblokiran dikabarkan akan ditandatangani pada 17 Agustus 2019 mendatang. Meski demikian implementasinya baru akan berjalan enam bulan setelah penandatanganan kebijakan pemblokiran. Aturannya menyebut bahwa ponsel ilegal atau smartphone black market (BM) yang dibeli sebelum 17 Agustus 2019 akan dilakukan pemutihan.

Sementara itu, ponsel ilegal yang dibeli setelah 17 Agustus 2019 otomatis akan diblokir. Dikutip dari Kemenperin menjelaskan nasib ponsel BM atau ilegal. "HP BM yang dibeli sebelum tanggal 17 Agustus akan mendapatkan pemutihan yang regulasinya sedang disiapkan," demikian penjelasan Kemenperin pada Rabu (10/7/2019).

Ponsel BM sendiri hingga saat ini masih beredar di pasaran secara bebas. Sekilas tampilan dari ponsel ilegal tersebut nyaris tak ada bedanya dengan ponsel legal. Bahkan, ketika dipakai performa kedua jenis ponsel itu kurang lebih sama.

Untuk menghindari membeli ponsel illegal, berikut cara membedakan smartphone black market dengan ponsel legal. Baru baru ini, Kemenperin telah membuat situs cek IMEI untuk mengetahui status ponsel yang kita miliki asli atau BM. Situs dapat diakses di .

Cara mengetahui nomor IMEI kita cukup menekan tombol *#06# lalu nomor IMEI akan muncul di layar ponsel. IMEI yang tertera di ponsel lalu masukkan kedalam situs . Jika terdaftar situs akan muncul tampilan “IMEI terdaftar didalam database kemenperin”.

Sebaliknya, jika tidak terdaftar akan muncul ditampilan bahwa IMEI tidak terdaftar di database kemenperin. Apabila penjual menjelaskan jika garansi ponsel yang diberikan hanya garansi distributor maka bisa dipastikan ponsel tersebut dari black market. Alasan dari tidak adanya garansi resmi karena barang tersebut masuk ke Indonesia tidak melalui vendor resmi yang beroperasi di Indonesia.

Apabila ponsel black market rusak dan ingin diperbaiki di customer service resmi, ponsel tersebut bakal tidak dapat mengklaim garansinya di servis center resmi. Perlu diketahui bahwa standar terkait kualitas suatu barang antar negara selalu berbeda. Untuk kondisi yang ini perbedaannya terdapat pada kompatibel perangkat terhadap aplikasi yang berjalan.

Ponsel black market terkadang tidak kompatibel dengan aplikasi tertentu sehingga sering ditemui kejadian ponsel tidak dapat menjalankan aplikasi tertentu ketika di instal. Meski demikian perlu dicatat, bukan berarti ponsel tersebut rusak melainkan ponsel tersebut menyesuaikan standar dari produksi asalnya di luar negeri sehingga tidak menyesuaikan sistem operasi dalam negeri. Ponsel BM merupakan barang luar negeri yang dibawa ke dalam negeri maka tulisan yang tercantum dalam kotak berbahasa asing.

Perlu diketahui bahwa ponsel resmi yang ada di Indonesia, 60 persen bahannya wajib dari Indonesia dan dirakit di Indonesia. Karena ponsel BM produksi luar negeri maka buku panduan penggunaan ponsel juga berbahasa asing. Sementara untuk ponsel resmi kotak ponsel berbahasa Indonesia.

Selain itu, ponsel resmi dilengkapi buku panduan berbahasa asing dan Bahasa Indonesia.

Berita Terkait

Cara Menentukan Angle Foto Makanan Menggunakan Kamera Polaroid

Syiran Uchie

5 Jam Headphone Apple dengan Waktu Dengar hingga 4 Harga & Spesifikasi AirPods & AirPods Pro

Syiran Uchie

Files Go, Aplikasi Pembersih Memori HP Smartphone Terlaris di Indonesia

Syiran Uchie

Dibekali Chipset Helio G90T Harga & Spesifikasi Redmi Note 8 & Redmi Note 8 Pro

Syiran Uchie

Samsung Galaxy M30s hingga Samsung Galaxy A10s Harga Terbaru HP Samsung Bulan November 2019

Syiran Uchie

Dilengkapi Google Assistant & Fitur Pengingat Adzan Sharp Luncurkan Smart TV

Syiran Uchie

Gampang Banget! Akhirnya Kini Pengguna WhatsApp Bisa Pilih Terima Atau Tolak Undangan Grup

Syiran Uchie

dari Nonton Tidak ”Gratis” hingga Ditutup di 2020 Fakta-fakta IndoXXI

Syiran Uchie

AnabaticTechnologies Luncurkan Digitalexchange.id

Syiran Uchie

Samsung Resmi Perkenalkan Generasi Terbaru Chromebook 4

Syiran Uchie

Live Streaming Peluncuran Vivo V15 Di Transtv Trans7 Rcti Sctv Dan Antv Malam Ini Pukul 20 00 Wib

Syiran Uchie

Olymp Trade Memperkenalkan Platform Forex yang Diperbaharui untuk Pengguna

Syiran Uchie

Leave a Comment