Bisnis

Besarnya Potensi Rupiah dari Sampah Plastik Bekas Kemasan

Industri minuman dan makanan yang terus bertumbuh menghasilkan jumlah sampah plastik bekas kemasan yang jumlahnya tidak sedikit. Apabila didaur ulang sebagai tahapan penerapan model ekonomi sirkular, sampah plastik bekas kemasan ini juga tidak sedikit menghasilkan potensi rupiah. Direktur Sustainable Waste Indonesia (SWI) Dini Trisyanti, mengatakan langkah pengelolaan sampah terpadu melalui konsep ekonomi sirkular menjadikan plastik kemasan bekas memiliki hidup kedua.

Bahkan tidak sedikit menciptakan lapangan pekerjaan baru lewat industri daur ulang. “Integrasi elemen elemen pengolahan sampah kemasan plastik mulai dari collection recyling upcyling dapat menciptakan sebuah model bisnis baru pada akhirnya memberikan nilai pakai kembali,” kata Dini dalam diskusi di Jakarta, Selasa (3/9/2019). Sementara Public Affair and Communications Director Coca Cola Indonesia, Triyono Prijosoesilo menilai dari 269 juta jiwa jumlah penduduk Indonesia, sebetulnya memiliki peran penting untuk mempercepat ekonomi sirkular, terutama di kawasan Asia.

“Coca cola Indonesia melalui kegiatan Plastic Reborn pada dasarnya ingin mengubah cara pandang masyarakat terhadap plastik kemasan bekas pakai menjadi sebuah bahan baku yang memiliki potensi menghasilkan dari segi ekonomi,” ujar Triyono. Hal ini juga diamini Sekjen Asosiasi Daur Ulang Indinesia, Wilson Pandhika bahwa perusahaan daur ulang Indonesia telah mulai mengembangkan resin daur ulang bermutu tinggi. Ia menyebut konsumsi plastik saat ini sebanyak 5,66 juta metrik ton (MMT) dengan tingkat daur ulang plastik sebanyak 1,80 (MMT).

“Maka bisa dilihat potensi rupiah yang dihasilkan dari daur ulang plastik selama ini relatif baik. Terlihat juga dari ekosistemnya yang telah ada 30 tahun lebih memberikan lapangan pekerjaan hingga menghidupi banyak orang, salah satunya pemulung di TPA,” urai Wilson. Jika dikelola secara matang, seharusnya industri daur ulang tidak mengalami kekurangan pasokan bahan baku.

Berita Terkait

Menhub Bilang Indonesia Punya 3 Potensi di Bidang Ekonomi Kreatif

Syiran Uchie

Bulan Ini Tiket Kereta Bandara Didiskon 57 Persen, Bandara Soetta-Bekasi Cuma Rp 50 Ribu

Syiran Uchie

Sampaikan Pesan Investasi Sejak Dini, Video Kreatif Ini Raih ‘Silver A’Design Award’ di Italia

Syiran Uchie

Tiket Kereta Api Tambahan Mudik Lebaran 2019 Dibuka Dini Hari, Server Langsung Down

Syiran Uchie

Ditjen Hubud Gelar Ramp Check ke 407 Penerbangan Haji

Syiran Uchie

Reta Consulting Tawarkan Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Psikologi Manusia

Syiran Uchie

Lindungi Marketplace yang Pasarkan Produk UMKM Dalam Negeri

Syiran Uchie

Rakor Finalisasi Penurunan Batas Atas Hari Ini Batal Digelar Tanpa Alasan Jelas

Syiran Uchie

Siang Ini Yuan Melemah 0,07% Terhadap Dolar AS ke Level 7.0389

Syiran Uchie

Menperin Prioritaskan Industri Alas Kaki Sebagai Sektor Berorientasi Ekspor

Syiran Uchie

Di Hari Kartini, Garuda Indonesia Beri Apresiasi Untuk Wanita Hebat Indonesia dengan Hal Ini

Syiran Uchie

Sarapan Gratis di McD Khusus Hari Ini, Ada 1.000 Chicken Muffin Gratis Mulai Jam 06.30

Syiran Uchie

Leave a Comment