Otomotif

Alasan Mobil Imut Lebih Laris di Jepang

Mobil jenis low multi purpose vehicle (LMPV) dan low sport Utility Vehicle (LSUV) paling banyak diminati masyarakat di Indonesia, tapi tidak di Jepang. Adalah mobil jenis K car (Kei Car) alias mobil kecil menjadi primadona di Negeri Sakura. Sejumlah mobil K car dari berbagai perusahaan mobil dunia turut dipamerkan dalam gelaran 46th Tokyo Motor Show 2019, termasuk jenis hybrid dan listrik.

Sales Manager Suzuki Arena Sukenobu, Suzuki Motor Sales Hamamatsu Inc, Kazushige Ito, menjelaskan K car sangat populer dan cukup laris di Jepang, karena dipengaruhi oleh kondisi jalan dan lahan parkir yang kecil atau sempit di Negeri Para Samurai ini. Menurutnya, pengguna K car dapat melewati medan jalan yang kecil, mudah untuk parkir, putar balik hingga bermanuver. Keunggulan mobil K car tersebut menjadi daya tarik sendiri buat perempuan Jepang, baik anak muda hingga manula. Apalagi, sejumlah perusahaan pembuat mobil di Jepang membuat varian khusus pengemudi perempuan.

"Di pasar mobil jepang, ada 50 persen pembeli K car 50 persen adalah perempuan. Di delaer kami saja, terjual 20 K car setiap bulan," ujarnya. Pemerintah Jepang sendiri punya regulasi khusus untuk standarisasi mobil K car yang dapat berubah seiring dinamika pasar. Yakni, panjang body maksimal 3,4 meter, lebar maksimal 1,48 meter dan tinggi maksimal 2 meter. Selain itu, kapasitas kekuatan mesin K cae maksimal hanya 660 cc. Sebagian pabrikan mobil menyokong mesin turbo untuk menambah daya gedor dan kecepatan K car buatannya.

Meski kecil alias mungil, K car harus ditopang teknologi khusus yang mengedepankan kenyamanan dan keamanan. Selain itu, mesin kecilnya harus mempunyai performa mesin tinggi dan bobot body ringan. Mobil buatan Suzuki, Suzuki Suzulight SS, tahun 1958, menjadi pioner kehadiran K car. Saat itu, mobil tersebut hanya ditopang mesin berkekuatan 100 cc (two stroke) dan 150 cc (four stroke). Di Indonesia sendiri, mobil jenis K car awal kali masuk dengan kehadiran Karimun buatan Suzuki pada 1995.

Berita Terkait

Ini Daftar MPV yang Kena Diskon sampai Puluhan Juta Rupiah Di Ujung Tahun

Syiran Uchie

Dilarang Gubernur Anies Wara Wiri Di Jakarta, Bagaimana Nasib Harga Mobil Tua?

Syiran Uchie

Suzuki Klaim New Carry Pikap Kuasai Separuh Pasar Kendaraan Niaga di Indonesia

Syiran Uchie

Beta & Zeta dalam Varian Suzuki XL7 Ini Makna Alpha

Syiran Uchie

Arai Indonesia Sponsori Pegokart Muda Kanaka Azarel Gusasi

Syiran Uchie

Toyota Siapkan Jajaran Kendaraan Elektrik Dan Aksesibel Buat Olimpiade Tokyo 2020

Syiran Uchie

Toyota Avanza 1.300 cc Lebih Diminati dari Mesin 1.500 cc

Syiran Uchie

Pelan-pelan Tampang Baru Nissan X-Trail dari Terungkap

Syiran Uchie

Perusahaan Tambang di Kalimantan Puas Dengan Layanan THS-Auto2000 Home Service

Syiran Uchie

Toyota 5 Continents Drive Kunjungi Indonesia! Setelah Mengunjungi Berbagai Benua

Syiran Uchie

Honda Bakal Tampilkan Honda S2000 dengan Asesoris Baru di Tokyo Auto Salon 2020

Syiran Uchie

Hanya Dua Langkah untuk Deteksi Overcharge Aki yang Bikin Tekor

Syiran Uchie

Leave a Comment