Techno

Alasan Kalah Saing hingga Pengguna Menurun, 5 Media Sosial Ini Harus Tutup

Kecanggihan teknologi yang semakin berkembang pesat dari zaman ke zaman menuntut untuk selalu ada sesuatu yang baru. Perkembangan ini lantas memunculkan beberapa platform di social media. Misalnya saja, aplikasi layanan untuk chatting atau layanan berbagi foto.

Adanya social media dengan berbagai layanannya ini membuat penggunanya merasa terhibur. Namun, karena seiring berkembangnya zaman, ada beberapa social media yang harus pamit dan menutup semua layanannya. Hal ini diduga berkaitan dengan tidak mampunya beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

Terlebih bisa jadi kalah saing dengan adanya social media yang baru. Selain itu, kecanggihan teknologi juga membuat kebutuhan masyarakat modern bertambah. Hal inilah yang diduga kuat alasan tutupnya beberapa layanan social media berikut ini:

Layanan mIRC (Internet Relay Chat) begitu populer di tahun 90 an. Jauh sebelum adanya WhatsApp, BBM atau Line, mIRC sudah menguasai dunia chatting lebih dulu. MIRC begitu digandrungi karena menyediakan layanan chatting untuk mencari teman atau kenalan baru.

Kalau kamu tahu artinya ASL PLS, berarti kamu pernah memanfaatkan layanan mIRC dulu. Awalnya layanan ini dikembangkan leh Jarkko Oikarinen di tahun 1988 dan semakin disempurnakan di tahun 1995. Jelang tahun 2000 an, ketenaran mIRC digeser oleh Yahoo Messenger yang memiliki fitur lebih lengkap.

MIRC resmi tutup pada 15 Desember 2017. Yahoo Messenger saat itu sukses menggeser ketenaran mIRC karena dianggap lebih canggih. Layanan pesan instan ini pertama kali disebut Yahoo Pager tahun 1998.

Yahoo Messenger kala itu hanya tersedia di desktop. Dua puluh tahun berdiri, Yahoo akhirnya mengumumkan penutupan Messenger nya pada 17 Juli 2018 lalu. Ketika ditutup, pengguna Yahoo Messenger diarahkan untuk menggunakan Yahoo Squirrel.

Apakah kamu punya akun di Friendster? Sebelum menjamurnya Facebook, generasi 90 an tentu pernah merasakan adanya social media Friendster. Di media sosial inilah, para remaja 90 an bisa mengekspresikan diri mereka lewat hiasan hiasan di profilnya.

Terlebih mereka bisa mengungkapkan perasaan hatinya di status dan bisa saling berkomentar antar teman Friendster. Namun, sejak kemunculan Facebook, perlahan Friendster semakin ditinggalkan. Resmi para 2015 lalu Friendster tutup setelah beroperasi selama 13 tahun.

Path harus mengakhiri keaktifannya di usia yang masih seumur jagung. Mulai rilis tahun 2010, Path harus berhenti beroperasi di jelang akhir tahun 2018. "Dengan penyesalan mendalam kami mengumumkan bahwa kami akan berhenti menyediakan layanan kami yang dicintai, Path," tulis tim Path dalam unggahan berisi pengumuman di situsnya yang diberi judul "The Last Goodbye".

Path harus tutup karena sulit bersaing dengan sosial media sejenisnya, seperti Instagram. Selain itu, Path juga harus kehilangan karyawannya. Yang terbaru, BBM telah mengumumkan akan berhenti beroperasi pada 31 Mei mendatang.

Aplikasi chat ini memiliki kode unik untuk penggunanya agar bisa saling chat. Alasan berakhirnya BBM karena tidak bisa bersaing dengan layanan pesan instant lainnya. Sejak rilisnya pada 2013 silam, BBM mengalami penurunan pengguna aktif sejak Juni 2016 lalu.

Siap siap say good bye untuk BBM, guys. Nah, dari kelima media sosial di atas, mana yang pernah kamu gunakan?

Berita Terkait

7 Keunggulan yang Bikin Vivo V15 Pro Layak Dimiliki!

Syiran Uchie

Soul Luncurkan Lini Produk Audio Anyar

Syiran Uchie

Kemenag Gandeng XL Gelar Program Madrasah Aliyah 4.0

Syiran Uchie

Samsung Galaxy M30s hingga Samsung Galaxy A10s Harga Terbaru HP Samsung Bulan November 2019

Syiran Uchie

Rajin Bersihkan iPhone Agar Tidak Jadi Sarang Kuman

Syiran Uchie

Fitur 3D Scanner yang Bisa Pindai Objek Tiga Dimensi Jadi Daya Tarik Galaxy Note 10

Syiran Uchie

Daftar Harga Smartphone Vivo Terbaru Terlengkap di Mei 2019, Cek Spesifikasi dan Varian Warnanya

Syiran Uchie

Pro Kontra Game PUBG, Ini Respons Menteri Rudiantara

Syiran Uchie

Cek di Sini Berikut Daftar Ponsel yang Tak Bisa Lagi Gunakan WhatsApp Tahun 2020

Syiran Uchie

5 Fakta Nintendo Switch Lite, Pre Order Bisa Mulai Hari Ini, Harga Cuma Rp 2,8 Jutaan Saja!

Syiran Uchie

Hari Ini Terakhir Bisa Tebus Galaxy S10 dengan Tukar iPhone XR dan Rp 2,3 Juta

Syiran Uchie

HP Gaming dari Vivo dengan Snapdragon 855 Plus Spesifikasi & Harga HP Vivo iQoo Pro

Syiran Uchie

Leave a Comment