Travel

Akibat Perbedaan Ras, Penumpang Ini Dipermalukan dan Diminta Turun dari Pesawat

Perlakuan tak menyenangkan dirasakan oleh Latisha 'Tisha' Rowe (37) yang terbang menggunakan maskapai American Airlines, Minggu (30/6/2019). Saat itu, Rowe akan melakukan penerbangan dari Jamaika ke Miami, Amerika Serikat. Namun, seorang pramugari American Airlines memintanya untuk turun dari pesawat.

Mengutip dari CNN, sebelumnya seorang pramugari meminta beberapa kali agar ia mengenakan jaket. Dan ketika Rowe menanyakan alasannya, pramugari itu hanya berkata: "Anda tidak bisa naik ke pesawat dengan pakaian seperti itu." Rowe mengenakan pakaian tanpa strap, sehingga kaki, pundak, dan lengannya terlihat, namun ia mengatakan tidak ada yang tidak pantas terlihat.

Dokter asal Texas itu mengatakan, faktor perbedaan ras adalah alasan ia dikeluarkan dari pesawat. Bahkan saat itu, ia diminta untuk menutupi tubuhnya dengan selimut. Atas hal yang dialaminya ini, dokter keturunan Afrika Karibia Amerika itu menulis sejumlah tweet melalui akun Twitternya.

Bahkan Rowe juga mengunggah foto selfie menggunakan pakaian yang ia pakai dalam penerbangan Jamaika Miami. Ia menuliskan, dirinya dipermalukan di depan putranya yang berusia 8 tahun yang bepergian bersamanya. "Here is what i was wearing when @AmericanAir asked me to deplane for a talk.

At which point I was asked to "cover up". When defending my outfit I was threatened with not getting back on the flight unless I walked down the aisle wrapped in a blanket. (Inilah yang saya kenakan ketika @AmericanAir meminta saya turun dari pesawat untuk berbicara.

Pada titik mana saya diminta untuk "menutupi." Ketika membela pakaian saya, saya diancam tidak akan kembali dalam penerbangan kecuali jika saya berjalan di lorong tertutup dengan selimut)," tulis Rowe dalam Twitternya @tisharowemd. American Airlines akhirnya meminta maaf dan setuju untuk mengeluarkan pengembalian dana untuk Rowe.

"Kami prihatin atas komentar Dr. Rowe, dan meminta ia dan tim kami di Bandara Kingston untuk mendapatkan informasi tentang apa yang terjadi sebenarnya," ujar juru bicara American Airlines, Shannon Gilson, dikutip dari The New York Times. "Kami meminta maaf kepara Dr. Rowe dan putranya atas apa yang telah mereka alami, dan akan mengembalikan dana penuh untuk perjalanannya. Kami bangga untuk melayani penumpang dari segala latar belakang," lanjut Gilson. Sebelumnya, American Airlines juga pernah tersandung kasus perbedaan ras.

Pada Oktober 2017, seorang penumpang Afrika Amerika mengatakan maskapai itu memperlakukannya dengan tidak sopan, tidak aman, dan diskriminatif. Atas kejadian ini, akhirnya National Association for the Advancement of Colored People atau Asosiasi Nasional untuk Kemajuan Orang Kulit Berwarna (NAACP) meminta American Airlines untuk mengadakan pelatihan anti rasisme kepada seluruh karyawannya.

Berita Terkait

Ayam Geprek Anti Mainstream dengan Aneka Sambal Buah

Syiran Uchie

Tugu Muda

Syiran Uchie

26 Kutipan Berbahasa Inggris Tentang Traveling untuk Caption Foto Instagram

Syiran Uchie

15 Tempat Wisata yang Rusak dan Ditutup Setelah Viral di Instagram

Syiran Uchie

Ditangkap Polisi Saat Pesawatnya Mendarat, Pramugari yang Diduga Mabuk Ini Akhirnya Dipecat

Syiran Uchie

7 Rekomendasi Kuliner Khas Madura yang Bisa Jadi Menu Buka Puasa

Syiran Uchie

5 Restoran Mewah di Jakarta Milik Reino Barack, Ada yang Sajikan Makanan Italia hingga Jepang

Syiran Uchie

Rekayasa Lalu Lintas Jakarta Muharram Festival 2019, Simak Ruas Jalan yang Bakal Ditutup

Syiran Uchie

7 Es Khas Indonesia yang Sering Disajikan saat Buka Puasa

Syiran Uchie

Kenapa Penumpang Pesawat Dilarang Tukar Tempat Duduk Sembarangan?

Syiran Uchie

6 Kuliner Khas Lombok yang Wajib Dicicipi Saat Liburan, Cobain Soto Bebalungnya

Syiran Uchie

5 Kuliner Legendaris dari Kediri yang Sayang Dilewatkan

Syiran Uchie

Leave a Comment