Travel

7 Tempat Wisata di Indonesia Ini Ternyata Punya ‘Kembaran’ di Luar Negeri

<span>T</span>empat wisata yang ada di Indonesia ternyata banyak yang mirip dengan<span></span>tempat wisata di luar negeri. Jadi, kamu tak perlu jauh jauh ke luar negeri jika ingin menikmati keindahan yang serupa. Beragam tempat wisata di Indonesia ini seperti<span></span>Pantai Pink di Lombok<span></span>yang mirip dengan Pink Sands Beach di Bahama hingga Pantai Gigi Hiu, Lampung yang mirip dengan Taman Nasional Zhangjiajie di China.

Dirangkum dari berbagai sumber, simak tujuh tempat wisata di Indonesia yang mempunyai pesona mirip dengan tempat wisata di luar negeri. Pantai Pink yang terletak di Lombok ini menjadi satu pantai populer yang sering dikunjungi oleh banyak wisatawan dari berbagai daerah. Pantai Pink yang juga diikenal dengan nama Pantai Tangsi menjadi satu tempat wisata yang tidak terlewatkan oleh wisatawan ketika berada di Taman Nasional Komodo.

Pesona pasir pantai yang berwarna pink ini, ternyata tidak hanya ada di Lombok saja, di Bahama terdapat pantai yang mirip dengan pantai pink bernama Pink Sands Beach. Sama seperti Pantai Pink, Pink Sands Beach memiliki pesona pasir pantai yang berwarna pink dipadukan dengan air laut yang jernih berwarna emerald. Jadi kamu tidak perlu jauh jauh pergi ke Pink Sands Beach di Bahama, di Lombok pun kamu sudah bisa mengunjungi Pantai Pink.

Gua Jomblang yang berada di Yogyakarta ternyata juga memiliki dengan Stephens Gap yang terletak di Alabama, Amerika Serikat. Kedua gua ini adalah adalah gua vertikal yang memberikan sensasi tersendiri bagi mereka yang mengunjunginya. Bila Stephens Gap di Alabama memiliki kedalaman 43 meter, Gua Jomblang di Yogyakarta ternyata lebih dalam dengan kedalaman mencapai 90 meter.

Di sini kamu bisa menikmati sensasi turun ke dalam gua dengan menggunakan gear aman dan disinari cahaya matahari yang masuk dari atas secara alami. Tidak hanya itu, berfoto dengan sinar matahari yang masuk menembus gua akan membuat fotomu terlihat lebih menawan dengan kesan magical. Di Bangkalan Madura ternyata mempunyai tempat wisata dengan pesona yang mirip dengan Antelope Canyon yang ada di Arizona.

Tempat wisata ini bernama Bukit Pelalangan. Bukit Pelalangan terletak di Desa Bherballuk, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. Tempat wisata Indonesia rasa Antelope Canyon ini sebenarnya adalah bekas tambang batu kapur yang meninggalkan relief yang cantik pada tebing.

Keindahan Danau Kaolin di Belitung, ternyata mirip dengan pemandian air panas alami bertingkat di Turki loh, namanya Pamukkale. Baik Danau Kaolin maupun Pamukkale menawarkan pemandangan yang hampir mirip seperti tebing dan permukaan danau yang sama sama berwarna putih. Tidak hanya itu, airnya juga sama sama berwarna biru.

Perbedaan antara Danau Kaolin dan pamukkale adalah bahan kandungan di antara kedua tempat tersebut. Pamukkale di Turki terbentuk dari endapan mineral kalsium karbonat yang mengendap, sedangkan Danau Kaolin terbentuk dari bekas penambangan kaolin yang telah lama ditinggal. Bekas kerukan ini kemudian terisi air dan kombinasi dari kaolin yang merupakan mineral membuat airnya menjadi warna biru cantik.

Taman Nasional Baluran yang terletak di Jawa Timur, memang dikenal dengan julukan Africa van Java karena pesonanya seperti sedang berada di Afrika. Little Afrika di Taman Nasional Baluran ini memiliki kemiripan dengan Cagar Alam Maasai Mara yang terletak di Kenya. Di sini kamu akan disuguhkan dengan keindahanpadang savana yang sangat luas dengan banyak binatang liar yang hidup di kawasan ini.

Bila beruntung kamu bisa menemukan rusa, banteng, kerbau, ajag, macan tutul, ular, kucing bakau, monyet ekor panjang, hingga burung merak ada di sini. Gua Rangko yang terletak di Flores juga ternyata memiliki pesona yang mirip dengan Gua Crystal yang ada di Bermuda. Gua Crystal di Bermuda ini memiliki air yang super bening seperti kristal serta gugusan stalagmit yang begitu cantik.

Keindahan seperti itu juga ternyata dipunyai oleh Flores. Gua Rangko terletak di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Gua cantik ini memiliki gugusan stalaktit yang terlihat apik berpadu dengan air biru dan jernih.

Di sini kamu bisa merasakan sensasi berenang layaknya di kolam pribadi. Pernah menonton film Avatar? Lokasi dari planet Pandora di film ini terinspirasi dari Taman Nasional Zhangjiajie yang ada di Provinsi Hunan, China. Taman Nasional Zhangjiajie juga masuk ke dalam geopark UNESCO sekaligus menjadi satu tempat wisata populer yang dikunjungi oleh wisatawan.

Indonesia juga ternyata memiliki pemandangan yang mirip dengan yang ada di Taman Nasional Zhangjiajie, yakni Pantai Gigi Hiu di Lampung. Perbedaannya adalah bila Taman Nasional Zhangjiajie adalah susunan hutan yang menjulang tinggi, Pantai Gigi Hiu memiliki susunan batu karang yang terlihat tajam. Meski tinggi batu karang di pantai ini juga tak setinggi bukit batu yang ada di Taman Nasional Zhangjiajie, namun pemandangan yang dimiliki pantai ini tak kalah cantiknya.

Berita Terkait

Angsa Dipilih Jadi Hewan Pelacak Deretan Fakta Unik China

Syiran Uchie

Akibat Perbedaan Ras, Penumpang Ini Dipermalukan dan Diminta Turun dari Pesawat

Syiran Uchie

Rekomendasi 6 Tempat Kuliner di Kawasan Batu Malang untuk Habiskan Libur Lebaran

Syiran Uchie

Itinerary Liburan 3 Hari 2 Malam di Sydney, Australia

Syiran Uchie

Panduan Wisata Candi Borobudur, Simak Dulu Sebelum Liburan ke Sana

Syiran Uchie

Sama Seperti Indonesia, 5 Negara Ini Juga Rayakan Lebaran pada 5 Juni

Syiran Uchie

8 Tempat Wisata di Bogor untuk Liburan Akhir Pekan, Dekat Jakarta dan Mudah Diakses

Syiran Uchie

15 Tempat Wisata yang Rusak dan Ditutup Setelah Viral di Instagram

Syiran Uchie

5 Hostel Terbaik di Tokyo, Tarifnya Terjangkau untuk Wisatawan Indonesia

Syiran Uchie

5 Restoran Mewah di Jakarta Milik Reino Barack, Ada yang Sajikan Makanan Italia hingga Jepang

Syiran Uchie

4 Kota Alternatif yang Bisa Dikunjungi Saat Liburan menuju Jepang

Syiran Uchie

4 Modus Penipuan Pemesanan Online yang Harus Diwaspadai

Syiran Uchie

Leave a Comment