Travel

7 Kuliner Murah dan Enak di Pasar Gede Solo yang Harus Kamu Coba, Ada Nasi Liwet hingga Lenjongan

Deretan kuliner murah, enak dan nikmat di Pasar Gede Solo yang tidak boleh kamu lewatkan. Pasar Gede Harjonagoro sebagai pasar induk terbesar di Solo dan dirikan pada 1923 oleh Pakubuwono X tersebut mempunyai ragam kuliner yang murah dan lezat. Beberapa kuliner yang bisa kamu temukan di Pasar Gede Solo seperti Nasi Liwet Bu Sri, Brambang Asem, Tengkleng Pasar Gede hingga Lenjungan.

Nasi Liwet Bu Sri cocok sebagai menu sarapan pagi di Pasar Gede yang terletak di deretan lapak penjual buah di paling sudut pasar. Kamu bisa menikmati seporsi nasi liwet yang disajukan dalam daun pisang yang dipincuk dengan suwiran ayam kampung rebus, sayur labu dan telur pindang. Satu porsi Nasi Liwet Bu Sri dibanderol dengan harga mulai Rp 9 ribu.

Sebagai kuliner yang sudah mulai langka, kamu masih bisa menemukan Brambang Asem di Pasar Gede Solo. Brambang Asem adalah sajian daun ubi yang dicampur sambal asam jawa dengan rasa pedas dan manis. Selain itu, dalam penyajiannya Brambang Asem ditambahkan tempe gembus yang dimasak bacem sebagai pelengkap untuk menikmati Brambang Asem.

Bagi kamu penyuka kuliner pedas, asam dan manis, brambang asem menjadi satu menu yang tidak boleh dilewatkan dengan harga yang cukup murah sekitar Rp 4 ribu per porsinya. Tengkelng Pasar Gede menjadi satu kuliner yang tidak boleh kamu lewatkan karena cita rasa dan aromanya yang sangat menggoda. Kuliner ini sangat pas dinikmati ketika siang hari.

Satu porsi tengkleng berisi nasi dengan guyuran kuah segar beraroma dan gurih, plus olahan tulang kambing dan jeroan yang dimasak dengan rempah rempah dan menjadi makanan yang lezat dan nikmat Harganya pun sangat bersahabat, dibanderol mulai Rp 20 ribu per porsinya. Es Dawet Telasih Bu Dermi bisa kamu coba di Pasar Gede Solo usai lelah berbelanja di pasar ini.

Satu porsi es berisi tape hijau, tape hitam, biji telasih, jenang sumsum, gula, santan dan es batu. Harga untuk satu porsi es dawet ini pun sangat murah, dibanderol sekitar Rp 9 ribu. Tahok atau kembang tahu adalah satu kuliner di Pasar Gede Solo yang cukup populer di kalangan warga setempat.

Tahok adalah kuliner khas Tionghoa ini menyajikan sari kacang kedelai yang disiram dengan air jahe gula yang manis dan hangat di tubuh. Tahok juga memiliki tekstur lembut dan lumer di lidah. Satu porsi Tahok dibanderol mulai dari Rp 7 ribu.

Timlo Sastro adalah kuliner paling fenomenal dan melegenda karena kualitas rasanya tetap sama sejak tahun 1952. Satu porsi Timlo Sastro berisi sup bening dengan banyak varian isian, mulai dari sosis solo, jeroan, suwiran ayam hingga pindang telur. Timlo Sastro paling pas dinikmati ketika sarapan pagi dengan harga yang masih ramah di kantong sekitar Rp 25 ribu per porsinya.

Lenjongan menjadi pilihan yang pas ketika kamu ingin mencoba camilan tradisional khas Solo yang bisa kamu temukan di Pasar Gede. Lenjongan adalah kue tradisional seperti sawut, cenil, ketan ireng, ketan putih, tiwul dan sebagainya, yang ditaburi parutan kelapa dan gula aren sebagai penambah rasa manis. Satu porsinya bisa kamu dapatkan dengan harga mulai Rp 5 ribu saja.

Berita Terkait

Cara Membuat Visa Turki Secara Online, Traveler Tak Perlu Antre Lagi

Syiran Uchie

15 Tempat Wisata yang Rusak dan Ditutup Setelah Viral di Instagram

Syiran Uchie

26 Kutipan Berbahasa Inggris Tentang Traveling untuk Caption Foto Instagram

Syiran Uchie

Mengintip Suasana RedQ, Kantor Pusat AirAsia di Malaysia yang Bikin Betah Karyawan

Syiran Uchie

Cara Membuat Visa Inggris untuk WNI, Bisa Mengajukan Secara Online

Syiran Uchie

7 Kampung Ini Bisa Kamu Kunjungi Ingin Belanja Dan Belajar Batik

Syiran Uchie

Sebelum Liburan ke Jepang, Traveler Harus Tahu 10 Uang Koin dan Kertas ‘Yen’ Ini

Syiran Uchie

7 Taman Cantik untuk Tempat Ngabuburit Bersama Keluarga di Malang

Syiran Uchie

Rekomendasi 6 Tempat Kuliner di Kawasan Batu Malang untuk Habiskan Libur Lebaran

Syiran Uchie

Dijual Dengan Harga 4,3 Juta Per Mangkuk, Ini Keistimewaan Mi Termahal di Dunia

Syiran Uchie

6 Destinasi Wisata yang Disebut Aneh, Ada Danau Berwarna Pink hingga Pulau di Yaman

Syiran Uchie

5 Hostel Terbaik di Tokyo, Tarifnya Terjangkau untuk Wisatawan Indonesia

Syiran Uchie

Leave a Comment