Travel

4 Modus Penipuan Pemesanan Online yang Harus Diwaspadai

Perkembangan teknologi canggih semakin memudah kita dalam melakukan apapun. Satu di antaranya dalam hal pemesanan tiket. Kini kita tidak perlu lagi datang ke tempat dan antri berjam jam untuk mendapatkan tiket.

Cukup dengan memesannya secara online. Meski mudah, ada beberapa hal yang musti kamu waspadai saat melakukan pemesanan online. Jika lengah sedikit saja, kamu bisa menjadi korban penipuan.

Mari kita luruskan semuanya sejak awal: sama sekali tidak ada tiket gratis yang ditawarkan secara online. Jadi, ketika kamu berkonsultasi dengan situs web agen pemesanan perjalanan atau situs media sosial, dan melihat iklan yang mengatakan klik sekarang untuk tiket gratis, ini jelas merupakan penipuan yang seharusnya tidak pernah kamu percayai. Juga, jika kamu memiliki orang tua yang menggunakan situs web asuransi perjalanan atau situs terkait perjalanan lainnya, pastikan memberi tahu mereka; karena mereka adalah target favorit scammers.

Penipuan lain yang sering menarik korban adalah tiket taman hiburan gratis. Kamu hanya perlu mengeklik tautan dan mungkin diharuskan membaginya dengan teman teman dan kamu akan mendapat hadiah. Lebih parahnya lagi penipu akan meminta kartu kredit dan informasi pribadi lainnya.

Kami memahami bahwa kamu ingin mengajak teman atau keluarga untuk berpetualang, tetapi kami dapat meyakinkan kamu bahwa tiket ini jarang ada dan ini hanya scammer yang mencoba menggunakannya. Terkadang scammer dapat membuat halaman FB resmi dengan nama agen perjalanan online atau penyedia perjalanan. Untuk membuat halaman ini tampak sah, scammer akan menyertakan logo dan merek, serta menjaga konten seminimal mungkin.

Korban yang tidak berpengalaman bisa menjadi target favorit halaman halaman ini karena mereka mungkin tidak memiliki pengetahuan yang menjadikannya mangsa empuk. Penipu biasanya menawari perjalanan gratis dengan hanya mengisi survei atau berbagi tautan di jejaring sosial, mereka dengan senang hati akan melakukannya. Kamu memesan penerbangan di situs web dan menerima email yang bertuliskan: Konfirmasikan Penerbangan kamu.

Masalahnya adalah kamu tidak akan mencurigai apa pun karena menerima email di kotak masuk pribadi dan alamat email tersebut memiliki nama perusahaan tempat kamu memesan penerbangan. Penipu mungkin memberi tahu bahwa penerbangan kamu belum dikonfirmasi dan kamu perlu mengklik tautan tertentu untuk mengonfirmasi. Jadi, ketika kamu mengklik tautan dan memberikan catatan jadwal perjalanan dan nama penumpang, scammers ini dapat membajak tiket seluruhnya atau membahayakan dengan cara lain.

Jadi pastikan menghubungi maskapai sebelum mengklik apa pun.

Berita Terkait

7 Es Khas Indonesia yang Sering Disajikan saat Buka Puasa

Syiran Uchie

Bahaya Naikkan Kaki ke Atas Dasbor Mobil yang Sedang Melaju, Bisa Mengancam Nyawa

Syiran Uchie

Cara Membuat Visa Inggris untuk WNI, Bisa Mengajukan Secara Online

Syiran Uchie

8 Tempat Wisata di Bogor untuk Liburan Akhir Pekan, Dekat Jakarta dan Mudah Diakses

Syiran Uchie

Itinerary Liburan 3 Hari 2 Malam di Sydney, Australia

Syiran Uchie

7 Hotel Murah Kawasan Dieng Wonosobo, Tarifnya di Bawah Rp Ribu Sudah Dapat Wi-Fi Gratis

Syiran Uchie

5 Restoran Mewah di Jakarta Milik Reino Barack, Ada yang Sajikan Makanan Italia hingga Jepang

Syiran Uchie

5 Kuliner Kekinian di Yogyakarta Berikut Cocok untuk Menu Berbuka Puasa

Syiran Uchie

Mengenal Lebih Dekat Stadion Utama Gelora Bung Karno, Lokasi Laga Timnas Indonesia vs Malaysia

Syiran Uchie

Tugu Muda

Syiran Uchie

Sebelum Liburan ke Jepang, Traveler Harus Tahu 10 Uang Koin dan Kertas ‘Yen’ Ini

Syiran Uchie

Rekomendasi 6 Tempat Kuliner di Kawasan Batu Malang untuk Habiskan Libur Lebaran

Syiran Uchie

Leave a Comment