Travel

4 Modus Penipuan Pemesanan Online yang Harus Diwaspadai

Perkembangan teknologi canggih semakin memudah kita dalam melakukan apapun. Satu di antaranya dalam hal pemesanan tiket. Kini kita tidak perlu lagi datang ke tempat dan antri berjam jam untuk mendapatkan tiket.

Cukup dengan memesannya secara online. Meski mudah, ada beberapa hal yang musti kamu waspadai saat melakukan pemesanan online. Jika lengah sedikit saja, kamu bisa menjadi korban penipuan.

Mari kita luruskan semuanya sejak awal: sama sekali tidak ada tiket gratis yang ditawarkan secara online. Jadi, ketika kamu berkonsultasi dengan situs web agen pemesanan perjalanan atau situs media sosial, dan melihat iklan yang mengatakan klik sekarang untuk tiket gratis, ini jelas merupakan penipuan yang seharusnya tidak pernah kamu percayai. Juga, jika kamu memiliki orang tua yang menggunakan situs web asuransi perjalanan atau situs terkait perjalanan lainnya, pastikan memberi tahu mereka; karena mereka adalah target favorit scammers.

Penipuan lain yang sering menarik korban adalah tiket taman hiburan gratis. Kamu hanya perlu mengeklik tautan dan mungkin diharuskan membaginya dengan teman teman dan kamu akan mendapat hadiah. Lebih parahnya lagi penipu akan meminta kartu kredit dan informasi pribadi lainnya.

Kami memahami bahwa kamu ingin mengajak teman atau keluarga untuk berpetualang, tetapi kami dapat meyakinkan kamu bahwa tiket ini jarang ada dan ini hanya scammer yang mencoba menggunakannya. Terkadang scammer dapat membuat halaman FB resmi dengan nama agen perjalanan online atau penyedia perjalanan. Untuk membuat halaman ini tampak sah, scammer akan menyertakan logo dan merek, serta menjaga konten seminimal mungkin.

Korban yang tidak berpengalaman bisa menjadi target favorit halaman halaman ini karena mereka mungkin tidak memiliki pengetahuan yang menjadikannya mangsa empuk. Penipu biasanya menawari perjalanan gratis dengan hanya mengisi survei atau berbagi tautan di jejaring sosial, mereka dengan senang hati akan melakukannya. Kamu memesan penerbangan di situs web dan menerima email yang bertuliskan: Konfirmasikan Penerbangan kamu.

Masalahnya adalah kamu tidak akan mencurigai apa pun karena menerima email di kotak masuk pribadi dan alamat email tersebut memiliki nama perusahaan tempat kamu memesan penerbangan. Penipu mungkin memberi tahu bahwa penerbangan kamu belum dikonfirmasi dan kamu perlu mengklik tautan tertentu untuk mengonfirmasi. Jadi, ketika kamu mengklik tautan dan memberikan catatan jadwal perjalanan dan nama penumpang, scammers ini dapat membajak tiket seluruhnya atau membahayakan dengan cara lain.

Jadi pastikan menghubungi maskapai sebelum mengklik apa pun.

Berita Terkait

15 Sate Kambing Enak di Jakarta

Syiran Uchie

Hotel Ini Tawarkan Menginap Gratis Selama 18 tahun Sambut Valentine Mau

Syiran Uchie

Permintaan Penumpang yang Buat Pramugari Merasa Ngeri dan Jijik

Syiran Uchie

Tempat Wisata di Jogja Ini Tawarkan Pesona Berwisata di Persawahan & Kolam Ikan

Syiran Uchie

Jumlah Turis China di Bali Terus Menurun Dampak Virus Corona

Syiran Uchie

Termasuk Wisatawan Sebaiknya Bawa Tisu Toilet Sendiri 8 Fakta Unik Thailand

Syiran Uchie

Berikut Daftar Glamour Camping di Jawa Barat! Bisa Jadi Alternatif Liburan Natal & Tahun Baru

Syiran Uchie

Pembukaan Pariwisata di Jogja Tunggu Rekomendasi Gugus Tugas Penanganan Covid-19

Syiran Uchie

7 Es Khas Indonesia yang Sering Disajikan saat Buka Puasa

Syiran Uchie

Tempat Wisata di Jogja yang Viral di Media Sosial Foto-foto Grojogan Watu Purbo

Syiran Uchie

Kuda Ini Berkali-Kali ‘ Mati ‘ Setiap Berusaha Ditunggangi Viral di Medsos

Syiran Uchie

Cara Curang Makan di Restoran Hotpot Viral di Medsos

Syiran Uchie

Leave a Comment