Kesehatan

10 Tanda Pada Kaki Ini Bisa Menunjukkan Anda Derita Penyakit Serius, Salah Satunya Bisul!

Kita bisa mengetahui kondisi kesehatan melaluitanda tandayang ditunjukkan padatubuh, salah satunya lewatkaki. Ada beberapa hal padakakiyang justru bisa menunjukkan apakah kita sehat atau menderitapenyakitserius. Yuk, coba cekkakikita sejenak! Jangan dianggap sepele karena ada beberapatandayang menunjukkan kalau sebenarnya kita lagi mengidappenyakittertentu!

Salah satunyakakikering hingga garis merah di bawah kuku! Kondisi kaki ini bisa menunjukkan masalah tiroid, apalagi jika pelembap bahkan enggak bisa membantu kaki kita lebih baik. Ketika kelenjar tiroid (kelenjar berbentuk kupu kupu di pangkal leher) bergerak ke atas, enggak menghasilkan hormon tiroid, yang mengontrol laju metabolisme, tekanan darah, pertumbuhan jaringan, dan pengembangan sistem kerangka dan saraf.

Masalah tiroid menyebabkan kekeringan parah pada kulit, jelas Marlene Reid, DPM, spesialis kaki di Naperville Illinois, seperti dilansir dari laman Reader’s Digest . Kalau kita mengalami hal ini disarankan untuk segera periksa ke dokter untuk memastikan tiroid kita baik baik aja. Hal ini bisa jadi berhubungan sama penyakit arteri. Jika bulu pada jari jari kaki tiba tiba menghilang, itu bisa menandakan sirkulasi darah buruk yang disebabkan oleh penyakit arteri perifer (PAD).

Penyakit ini dapat mencakup penurunan pertumbuhan rambut di kaki dan pergelangan kaki, jari kaki keunguan, dan kulit tipis atau mengkilap, jelas Suzanne Fuchs, DPM, seorang ahli bedah podiatrik di North Shore University Hospital di New York. Bisul pada kaki biasa dikaitkan dengan diabetes. Kadar glukosa yang enggak terkontrol dapat merusak saraf dan menyebabkan sirkulasi yang buruk, sehingga darah enggak mencapai kaki.

Bisa jadi hal ini berkaitan sama makanan yang kita konsumsi. Kalau kita adalah penikmat anggur dan steak enggak menutup kemungkinan kita menderita gout, sejenis radang sendi yang biasanya menyerang sendi jempol kaki. Makanan tinggi purin, senyawa kimia yang ditemukan pada daging merah, ikan, dan alkohol tertentu, dapat memicu serangan dengan meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Asam urat biasanya diekskresikan melalui urin, tetapi diproduksi berlebihan atau kurang diekskresikan pada beberapa orang.

Akibatnya, ada pengendapan asam urat di persendian, paling umum jempol kaki atau pergelangan kaki. Bisa jadi, infeksi jantung. Garis garis merah di bawah kuku kaki atau kuku tangan bisa menjadi pembuluh darah pecah yang dikenal sebagai perdarahan serpihan. Ini terjadi ketika gumpalan darah kecil merusak kapiler kecil di bawah kuku.

Mereka dapat menandakan endokarditis, infeksi lapisan dalam jantung. Orang yang memiliki masalah dengan jantung, telah menerima alat pacu jantung, atau memiliki sistem kekebalan kronis (seperti pasien kanker yang menerima kemoterapi, pasien HIV, dan pasien diabetes) berisiko lebih tinggi terkena endokarditis. Hal ini bisa menunjukkan kita menderita kanker paru paru, penyakit jantung, infeksi paru paru kronis, hingga penyakit usus.

Kanker paru paru dan penyakit jantung menurunkan resistensi pembuluh darah, yang berarti aliran darah ke arteri kecil di kuku dan ujung jari akan meningkat. Jaringan membengkak dan menghasilkan penampilan “dipukul” (jari tangan dan jari kaki yang lebih lebar). Bisa jadi, psoriasis. Kalau kita menemukan lubang kecil, lekukan, atau tonjolan di kuku kaki, bisa jadi ini menunjukkan kita menderita psoriasis kaki.

Meskipun kebanyakan orang yang mengalami psoriasis kuku juga memiliki psoriasis kulit (penyakit autoimun yang membuat kulit mati rasa dan teriritasi), 5 orang dengan psoriasis kuku enggak terpengaruh di tempat lain. Gejala lain termasuk bercak putih dan garis horisontal di kuku. Untuk mengobati psoriasis, dokter mungkin meresepkan krim topikal atau steroid untuk disuntikkan di bawah kuku. Bisa jadi, anemia atau lupus. Kita terasa mengalami depresi di kuku kaki yang cukup dalam untuk menahan tetesan air.

Kuku jari kaki berbentuk sendok juga bisa menunjukkan kekurangan zat besi, serta hemochromatosis (kelebihan produksi zat besi), penyakit Raynaud (yagn mempengaruhi pasokan darah ke jari tangan dan kaki), dan kadang kadang lupus (penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel, jaringan, dan organ). Kuku sendok kadang kadang muncul pada bayi, tetapi normal dalam beberapa tahun pertama kehidupan. Bisa aja menunjukkan kanker kulit. Garis gelap dan vertikal di bawah kuku bisa berupa melanoma acral lentiginous, atau melanoma tersembunyi, suatu bentuk kanker kulit yang muncul pada bagian tubuh yang enggak jelas.

Terdapat garis hitam dari pangkal kuku ke ujung kuku. Ini harus dilihat oleh ahli penyakit kaki atau dokter kulit, untuk memastikan bahwa itu bukan jamur, yang biasanya berwarna kuning kecokelatan dan sporadis di seluruh kuku. Hal ini bisa mengindikasikan adanya kerusakan saraf. Sebagian besar kaki melengkung dikaitkan dengan beberapa bentuk kondisi neuromuskuler yang mendasarinya.

Jika seseorang mengalami penipisan otot otot lengkung di kaki, itu bisa menjadi indikasi kondisi neurologis yang disebut Charcot Marie Tooth (CMT). Kelainan bawaan yang merusak saraf perifer (yang di luar otak dan kabel tulang belakang) CMT juga dapat menyebabkan perubahan dalam gaya berjalan, mati rasa di kaki, kesulitan menyeimbangkan, kehilangan otot di bagian bawah dan kemudian, gejala yang sama di lengan dan tangan. Nah, itu tadi beberapa tanda di kaki yang menunjukkan kita menderita penyakit serius. Kalau kita merasakannya jangan dianggap sepele dan segera periksakan ke dokter, ya! ( K. Tatik Wardayati/Intisari Online )

Berita Terkait

Diduga Jadi Penyebab Meninggalnya Kartini, Inilah Gejala Preeklampsia yang Membahayakan Ibu Hamil

Syiran Uchie

Bisa Coba Sendiri di Rumah, Inilah Sederet Obat Alami untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kulit Wajah

Syiran Uchie

Pencabutan Bevacizumab dan Cetuximab dari Fornas Bahayakan Pasien Kanker Usus Besar

Syiran Uchie

5 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Remaja Agar Tubuh Tetap Bugar

Syiran Uchie

Ini Cara Buang Air Besar di Toilet yang Benar Agar Terhindar dari Masalah Kesehatan

Syiran Uchie

Inilah Penyebab & 7 Cara Ampuh Mengatasinya Hidup Anda Penuh dengan Kecemasan

Syiran Uchie

Mamapedia Bantu Anak Dengan Kelainan Khusus Melalui Gerakan Mamapeduli

Syiran Uchie

30 Dokter Spesialis Gladi Bersih Jelang Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam di RSAB Harapan Kita

Syiran Uchie

11 Manfaat Terkena Paparan Sinar Matahari Pagi, dari Cegah Kanker hingga Awet Muda

Syiran Uchie

Hati Hati, Serangan Jantung Kini Banyak Terjadi Pada Usia Muda

Syiran Uchie

Olahraga Angkat Beban Efektif Kikis Lemak Jantung

Syiran Uchie

Diet Ala Tarian K Pop, Pria Ini Berhasil Turunkan Berat Badan Hingga 36 Kilogram Dalam 7 Bulan

Syiran Uchie

Leave a Comment